30 June 2022

Pendapatan PT Usaha Pembiayaan RelianceIndonesia (REFI) Bertumbuh Sebesar 34.72% di tahun 2021







Dalam laporan kinerja yang disampaikan oleh Presiden Direktur REFI, Iman Pribadi pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang dilaksanakan di kantor pusat Reliance Group pada tanggal 29 Juni 2022,  dalam kondisi pertumbuhan makro ekonomi  nasional yang masih  dibawah dua digit karena imbas pandemi Covid -19, REFI mampu mencetak pertumbuhan pendapatan sebesar 34.72% di tahun 2021 jauh diatas rata – rata industri pembiayaan serta memperbaiki kualitas portofolio pembiayaan (Non- Performing Loan) dari  1.9% di tahun 2020 menjadi 1.6% di tahun 2021

Keberhasilan ini disebabkan oleh strategi Perseroan yang fokus pada pembiayaan kepada masyarakat berpenghasilan menengah – bawah untuk kepemilikan rumah tinggal dan produktif UMKM melalui ekosistem finansial tehnologi serta konsisten dalam penerapan “Good Corporate Governance” dalam menjalankan bisnisnya.

Selain paparan kinerja Perseroan, sesuai dengan agenda maka RUPST yang dipimpin oleh Komisaris Utama Anton Budidjaja, RUPST telah menyetujui Laporan Tahunan Perusahaan buku 2021 yang telah diaudit KAP Heliantono dan Rekan, memutuskan penetapan laba bersih Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada 31 Desember 2021 senilai Rp 12.9 Milyar serta penetapan cadangan atas laba ditahan sesuai peraturan yang berlaku. Dalam RUPST juga disampaikan laporan penggunaan dana atas penerbitan Obligasi REFI I tahun 2022.

Keputusan RUPST penting lainnya adalah pengangkatan Frans Victor Kailola selaku Direktur Perseroan setelah memperoleh persetujuan uji kemampuan dari OJK.

Dengan demikian susunan keanggotaan Direksi Perseroan menjadi sebagai berikut:

Direktur Utama                       : Iman Pribadi

Direktur                                   : Ira Rakhmawati

Direktur                                   : Frans Victor Kailola.

 

Sekilas Tentang REFI

REFI merupakan anak perusahaan dari Reliance Group, yaitu sebuah group perusahaan jasa keuangan yang terintegrasi yang menyediakan solusi keuangan satu pintu untuk para nasabah, dengan portofolio jasa yang mencakup Investasi (perdagangan efek dan manajer investasi), Proteksi (Asuransi Kesehatan, kerugian, dan jiwa), Pembiayaan (multifinance dan modal ventura), dan Fintech.

REFI menjalankan Usaha Pembiayaan Konvensional dengan kegiatan usaha meliputi pembiayaan barang dan/atau jasa, yaitu pembiayaan investasi, pembiayaan modal kerja, pembiayaan multiguna, dan/atau kegiatan usaha pembiayaan lain berdasarkan persetujuan Otoritas Jasa Keuangan. Kemudian, melakukan sewa operasi (operating lease) dan/atau kegiatan berbasis imbal jasa sepanjang tidak bertentangan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan di sektor jasa keuangan. Selain itu REFI juga menjalankan usaha Pembiayaan Syariah meliputi pembiayaan jual beli, pembiayaan investasi dan/atau pembiayaan jasa berdasarkan prinsip-prinsip syariah.

Sebagai perusahaan pembiayaan yang fokus pada masyarakat berpenghasilan menengah bawah pada pembiayaan perumahan, produktif dan multiguna berbasis komunitas dan melalui digital platform yang terdaftar dan diawasi oleh OJK, REFI telah berpengalaman di segmennya, dan dengan kepercayaan dari para mitra dan nasabah menjadikan REFI sebagai perusahaan pembiayaan terdepan bagi masyarakat berpenghasilan menengah bawah dan UMKM.

 

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

Perseroan:

PT USAHA PEMBIAYAAN RELIANCE INDONESIA (REFI)

Soho West Point Jl. Macan, Kav 4-5, Kedoya Utara, Kebun Jeruk, Jakarta 11510

Pic: Theresia Eka Ayu (Nomor Hp : 081932033259)

Email: corsec@reliance-finance.com